Sebagai ucapan terima kasih pengunjung atas artikel yang telah dibaca dari blog ini, silahkan beri dukungan dengan mengklik link dukungan pada widget di bawah. terima kasih

Senin, 11 Oktober 2010

TANGGAPAN SISWA TERHADAP TUGAS MEMBACA CERITA SUKSES SEBELUM MEMULAI PELAJARAN

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara ( pasal 1 ayat 1 UU Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 ).
Salah satu prinsip pembelajaran adalah adanya motivasi. Motivasi adalah suatu perubahan energi di dalam pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya afektif dan reaksi untuk mencapai tujuan. Untuk itu kami mencoba meneliti pengaruh cerita sukses seseorang terhadap motivasi orang yang membacanya.
Perumusan masalah untuk karya tulis ini adalah Bagaimana tanggapan siswa terhadap tugas membaca cerita sukses sebelum memulai pelajaran ?
Penelitian ini adalah penelitian non eksperimental. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan data tanggapan siswa terhadap tugas membaca cerita sukses sebelum memulai pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 1 Pebruari – 1 Maret 2007. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas X TI 2 SMK Negeri 8 Semarang sebanyak 40 siswa. Langkah-langkah penelitian yang kami lakukan adalah : (1) menentukan kelas X TI 2 sebagai subyek penelitian, (2) Kelas X TI 2 diberi tugas untuk membaca cerita sukses sebelum pelajaran dimulai, (3) memberikan angket respon siswa terhadap tugas membaca cerita sukses sebelum pelajaran dimulai, (4) melakukan wawancara untuk mempertegas hasil angket terhadap beberapa siswa dan (5) mengolah hasil angket. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan (1) angket dan (2) wawancara
Berdasarkan hasil angket dapat disimpulkan bahwa Sebagian besar responden setuju jika siswa diberi tugas membaca cerita sukses sebelum pelajaran dimulai.
Alasan siswa setuju dengan tugas membaca cerita sukses sebelum pelajaran cukup beragam, antara lain (1) cerita sukses mendorong saya ingin seperti mereka yang sukses dipilih oleh 35 siswa atau 87,5 %, (2) cerita sukses membuat saya tergugah untuk belajar lebih giat dipilih oleh 10 siswa atau 28,57 %, (3) dengan membaca cerita sukses, dapat menjadi contoh bagi saya dan teman-teman untuk dapat sukses seperti mereka dipilih oleh 4 siswa atau 11,43%, (4) cerita sukses menyadarkan saya bahwa untuk sukses harus bekerja keras dipilih oleh 6 siswa atau 17,14%, dan (5) cerita sukses menggerakkan saya untuk mewujudkan kesuksesan di masa datang dipilih oleh 8 siswa atau 22,86%.
Untuk pertanyaan angket apakah cerita sukses memotivasi Anda untuk menjadi lebih baik dengan lebih giat belajar, sebanyak 28 siswa atau 70 % menjawab ya, sementara 12 siswa atau 30 % menjawab tidak. Ini berarti tugas membaca cerita sukses sebelum pelajaran dapat memotivasi siswa untuk terus menjadi lebih baik dengan giat belajar.
Untuk pertanyaan angket nomor 4, apa alasan tidak setuju dengan tugas membaca cerita sukses sebelum pelajaran antara lain (1) Sukses itu untuk orang lain bukan saya dipilih oleh 2 siswa atau 40 % dan Saya merasa terlalu sulit untuk mewujudkan kesuksesan itu dipilih oleh 3 siswa atau 60 %.
Kami menyarankan strategi belajar mengajar dengan memberi tugas membaca cerita sukses sebelum pelajaran dapat dicoba oleh bapak dan ibu guru dan strategi belajar mengajar dengan memberi tugas membaca cerita sukses sebelum pelajaran dapat digunakan oleh guru mata pelajaran lain.

0 komentar:

 
Great HTML Templates from easytemplates.com.