Sebagai ucapan terima kasih pengunjung atas artikel yang telah dibaca dari blog ini, silahkan beri dukungan dengan mengklik link dukungan pada widget di bawah. terima kasih

Selasa, 12 Oktober 2010

MOTIVASI MENULIS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI BLOG

Sistem pembelajaran yang selama ini dilakukan yaitu sistem pembelajaran konvensional (faculty teaching), kental dengan suasana instruksional dan dirasa kurang sesuai dengan dinamika perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang demikian pesat.. Sistem pembelajaran konvensional kurang fleksibel dalam mengakomodasi perkembangan materi pelajaran karena guru harus intensif menyesuaikan materi dengan perkembangan teknologi terbaru. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sekarang ini sangat pesat. Kemajuan IPTEK tersebut membuat informasi dapat didapat dengan mudah dan cepat dari berbagai belahan dunia. Salah satu kemajuan IPTEK adalah blog..
Perumusan masalah untuk karya tulis ini adalah bagaimana respon siswa terhadap tugas menulis Mata Pelajaran Bahasa Indonesia melalui pembuatan blog ?
Penelitian ini adalah penelitian non eksperimental. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan data respon siswa terhadap tugas menulis pada pelajaran Bahasa Indonesia melalui blog. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 29 Januari – 21 Pebruari 2007. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi SMK Negeri 8 Semarang sebanyak 33 siswa. Langkah-langkah penelitian yang kami lakukan adalah : (1) menentukan kelas 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai subyek penelitian, (2) Kelas 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi diberi tugas oleh guru Bahasa Indonesia untuk membuat dua tulisan dengan tema wisata ke Bali dan mengapresiasi puisi, (3) memberikan angket respon siswa terhadap tugas menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui pembuatan blog, (4) melakukan wawancara untuk mempertegas hasil angket terhadap beberapa siswa dan (5) mengolah hasil angket. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan (1) angket dan (2) wawancara
Berdasarkan hasil angket dapat disimpulkan bahwa semua responden setuju jika tugas menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan blog. Ini berarti semua responden senang jika blog sebagai media untuk membuat tulisan. Ketertarikan siswa terhadap blog dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia untuk materi menulis.
Sedangkan alasan siswa setuju menggunakan blog sebagai media untuk tugas menulis mata pelajaran Bahasa Indonesia cukup beragam, antara lain (1) Alasan setuju menggunakan blog karena blog lebih menarik dibanding menggunakan kertas dan pulpen dipilih oleh 17 siswa atau 51,52 %, (2) alasan setuju menggunakan blog karena hasil tulisan dapat dibaca orang lain yang lebih banyak dipilih oleh 7 siswa atau 21,21%, (3) alasan setuju menggunakan blog karena tidak capai menulis dengan tangan dipilih oleh 3 siswa atau 9,09%. Dan (4) alasan setuju menggunakan blog karena tulisan kita langsung dapat dikomentari sehingga memacu untuk membuat tulisan lebih bagus dipilih oleh 6 siswa atau 18,18%. Untuk pertanyaan angket apakah blog memotivasi Anda untuk terus menulis, sebanyak 32 siswa atau 96,97 % menjawab ya, sementara 1 siswa atau 3,03% menjawab tidak. Ini berarti tugas menulis mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan blog dapat memotivasi siswa untuk terus menulis walaupun tidak diberi tugas oleh gurunya. Kondisi ini dapat membuat pembelajaran mandiri yang sangat bermanfaat untuk kemajuan siswa.Untuk pertanyaan angket nomor 4 tidak ada yang menjawab karena semua responden menjawab setuju.

0 komentar:

 
Great HTML Templates from easytemplates.com.