Sebagai ucapan terima kasih pengunjung atas artikel yang telah dibaca dari blog ini, silahkan beri dukungan dengan mengklik link dukungan pada widget di bawah. terima kasih

Sabtu, 09 Oktober 2010

RESPON SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH) MELALUI PEMBUATAN FILM TENTANG PENCEMARAN LINGKUNGAN SEKITAR

Pendidikan Lingkungan Hidup adalah suatu mata pelajaran yang ada di dalam kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 8 Semarang. Pendidikan Lingkungan Hidup diberikan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan sikap peserta didik dalam menjaga lingkungan hidup. Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) yang dilakukan selama ini adalah pemberian materi dengan metode ceramah dan melaksanakan kebersihan lingkungan dengan bekerja bakti. Dari pengamatan yang dilakukan oleh peneliti, siswa cenderung tidak tertarik untuk menerima materi dan malas untuk melaksanakan kerja bakti. Pembelajaran akan tercapai jika peserta didik senang dengan mata pelajaran yang dipelajari.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup melalui pembuatan film tentang pencemaran lingkungan sekitar ?
Penelitian ini adalah penelitian non eksperimental. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan data respon siswa terhadap pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup melalui pembuatan film tentang pencemaran lingkungan sekitar. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 01 Nopember – 01 Desember 2006. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas XI TI 1 SMK Negeri 8 Semarang sebanyak 31 siswa. Langkah-langkah penelitian yang kami lakukan adalah : (1) Menentukan kelas XI TI 1 sebagai subyek penelitian dan kelas XI TI 2 sebagai kelas pembanding, (2) Kelas XI TI 1 diberi tugas oleh guru untuk membuat film tentang tentang pencemaran lingkungan sekitar, sedangkan kelas XI TI 2 diberikan materi PLH seperti biasa, (3) Guru membagi kelas XI TI 1 menjadi tiga kelompok dengan tugas masing-masing kelompok I membuat film pencemaran udara, kelompok 2 membuat film pencemaran air dan kelompok 3 membuat film tentang pencemaran tanah dengan alokasi waktu pembuatan film selama dua minggu, meliputi pengambilan gambar, editing dan finishing menggunakan software ulead video studio 9, (4) Masing-masing kelompok pada kelas XI TI 1 menayangkan film yang dibuat dihadapan kelas, (5) Melakukan diskusi tentang pencemaran lingkungan, (6) Memberikan angket minat terhadap pembelajaran pendidikan lingkungan hidup melalui pembuatan film tentang pencemaran lingkungan sekitar di kelas XI TI 1, (7) Melakukan wawancara untuk mempertegas hasil angket terhadap beberapa siswa, (8) Memberikan angket kepedulian terhadap lingkungan pada kelas XI TI 1, (9) Melakukan wawancara untuk mempertegas hasil angket terhadap beberapa siswa, (10) Melakukan observasi tingkah laku siswa kelas XI TI 1 sebagai subyek penelitian dan kelas XI TI 2 sebagai kelas pembanding terhadap kebersihan di kelas dan (11) Mengolah data yang didapatkan dari angket dan observasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan (1) angket, (2) wawancara dan (3) observasi.
Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) dengan membuat film tentang pencemaran lingkungan sekitar dapat meningkatkan minat siswa terhadap Pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH). Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata minat siswa terhadap pembuatan film tentang pencemaran lingkungan sekitar sebesar 28,81 berarti lebih besar dari skor pada kriteria keberhasilan minat siswa terhadap pembuatan film tentang pencemaran lingkungan yaitu 21.
Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) dengan membuat film tentang pencemaran lingkungan dapat meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata kepedulian siswa terhadap lingkungan sebesar 29,45 berarti lebih besar dari skor pada kriteria kepedulian siswa terhadap lingkungan yaitu 21.

0 komentar:

 
Great HTML Templates from easytemplates.com.