Sebagai ucapan terima kasih pengunjung atas artikel yang telah dibaca dari blog ini, silahkan beri dukungan dengan mengklik link dukungan pada widget di bawah. terima kasih

Selasa, 14 Desember 2010

SELAMAT ULANG TAHUN BAPAK & IBU GURU

Tidak terasa Hari Ulang Tahun Guru akan diperingati lagi, tepatnya besok tanggal 25 Nopember. Sudah berhasilkah Bapak dan ibu guru memajukan pendidikan di negeri ini. Sudahkan maju negeri ini dalam bidang pendidikan atau jalan di tempat bahkan mengalami kemunduran. Banyak pendapat bermunculan mulai dari level paling rendah sampai Bapak Menteri memberi pendapat tentang pendidikan di negeri ini. Apa sebab utama sehingga kemajuan pendidikan sulit didapat ? Pertanyaan yang klise dari tahun ke tahun.Melalui tulisan ini saya mencoba memberi pencerahan kepada korps saya sendiri yaitu bapak dan ibu guru. Iseng-iseng saya menyebarkan angket kepada murid-murid saya tentang pandangan mereka terhadap performa bapak dan ibu guru yang mengajar ? Angket itu berisi 3 pertanyaan, yaitu 1) Apakah anda tertarik/tidak tertarik dalam mengikuti pelajaran, 2) Apa yang paling membuat anda tertarik/tidak tertarik dalam mengikuti pelajaran ?, 3) Metode apa yang paling sering dipakai guru dalam mengajar ?Sebuah angket yang mungkin sangat jauh dari segi kevalidan dan realiabel. Angket tersebut adalah angket terbuka dengan jawaban yang bebas. Hasil dari angket tersebut saya rangkum sebagai berikut :Untuk pertanyaan pertama :
  1. 85% anak mengatakan tidak tertarik mengikuti pelajaran
  2. 10% anak mengatakan cukup tertarik
  3. hanya 5% anak mengatakan tertarik.

Untuk pertanyaan kedua :

  1. 70% anak mengatakan bosan dengan cara guru mengajar
  2. 10% anak mengatakan pelajarannya sulit
  3. 8% anak mengatakan gurunya tidak asyik
  4. 12% anak mengatakan tidak tahu

Untuk pertanyaan ketiga :

  1. 95% anak mengatakan guru mengajar dengan metode ceramah
  2. 5% anak mengatakan guru mengajar dengan metode selain ceramah.

Mengacu pada hasil angket di atas, kita tentu prihatin dengan kondisi tersebut. Jangan kita menyalahkan anak yang tidak mau belajar karena cara mengajar kita tidak menarik dan disukai anak. Sangat maklum jika prestasi anak-anak didik kita bukan semakin baik tetapi semakin mundur. Itu kondisi riil di sekolah kita. Mari kita benahi. Selamat Hari Ulang Tahun Bapak dan Ibu Guru, ini kado buat kalian.

0 komentar:

 
Great HTML Templates from easytemplates.com.