Sebagai ucapan terima kasih pengunjung atas artikel yang telah dibaca dari blog ini, silahkan beri dukungan dengan mengklik link dukungan pada widget di bawah. terima kasih

Rabu, 15 Desember 2010

CONTOH LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

Dalam upaya untuk memberikan pencerahan kepada teman-teman guru, postingan kali saya kembali memberikan contoh penelitian tindakan kelas yang sudah kulaksanakan. Inilah abstrak dari PTK saya.

JUDUL

Model ”KUIS JAKS” Untuk Meningkatkan Kemampuan Merakit Komputer PC pada Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 8 Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010

ABSTRAK

Suatu ciri khas dalam pendidikan “modern” saat ini, hendaknya siswa dapat berpartisipasi aktif sedemikian hingga melibatkan intelektual dan emosional siswa di dalam proses belajarnya. Dengan demikian dapat diterjemahkan bahwa dalam setiap pembelajaran dasar kompetensi kejuruan merakit komputer harus diarahkan untuk pengembangan daya aktivitas siswa baik mental maupun fisik.
Sehubungan dengan hal tersebut, maka solusi yang merupakan upaya meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa adalah dengan memberikan pengalaman langsung kepada siswa terhadap materi dasar kompetensi kejuruan merakit komputer melalui praktikum.
Masalah yang timbul adalah tidak semua sekolah mempunyai gedunaboratorium dengan peralatan praktek dasar kompetensi kejuruan merakit komputer yang lengkap. Kondisi ini terutama dialami oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) selain SMK Pharmasi. Hal ini tentu tidak mendukung upaya pembelajaran dasar kompetensi kejuruan merakit komputer melalui pengalaman langsung oleh siswa terhadap konsep dan fakta dasar kompetensi kejuruan merakit komputer.
Sehubungan dengan itu, kami mencoba memberikan satu terobosan pembelajaran dasar kompetensi kejuruan merakit komputer dengan melaksanakan praktikum tanpa gedung laboratorium dan peralatan dasar kompetensi kejuruan merakit komputer yang mahal.
Permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah apakah pembelajaran dasar kompetensi kejuruan merakit komputer dengan penggunaan media interaktif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika siswa SMK Negeri 8 Semarang ? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar dasar kompetensi kejuruan merakit komputer siswa SMK Negeri 8 Semarang melalui penggunaan media interaktif.
Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, yang masing – masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan menggunakan media interaktif berbantuan komputer dengan metode pembelajaran tanya jawab dan diskusi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada akhir siklus kedua rata-rata hasil belajar 7,73, ketuntasan hasil belajar 83,87%, dan persentase aktivitas siswa dalam proses pembelajaran 85%. Hasil ini menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar >80% dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran >70%, yang berarti sudah ada peningkatan kualitas pembelajaran dasar kompetensi kejuruan merakit komputer siswa SMK Negeri 8 Semarang melalui penggunaan media interaktif.

Kata Kunci : kualitas pembelajaran, media interaktif, hasil belajar.

Ingin download materi secara lengkap, klik disini

1 komentar:

Mulyono Ali, S.Kom mengatakan...

bos abstrak jenengan tak copy

 
Great HTML Templates from easytemplates.com.