Sebagai ucapan terima kasih pengunjung atas artikel yang telah dibaca dari blog ini, silahkan beri dukungan dengan mengklik link dukungan pada widget di bawah. terima kasih

Rabu, 15 Desember 2010

LANGKAH MUDAH MENYUSUN PTK 2

Melanjutkan tulisan saya terdahulu tentang tutorial Penelitian Tindakan Kelas (PTK), kali ini masuk ke step 3. Silahkan dibaca dan dipelajari.

STEP 3 : BAB I PENDAHULUAN

Setelah kita membahas membuat judul, tulisan kali ini membahas bab I Pendahuluan, meliputi latar belakang, perumusan masalah, tujuan penelitian dan manfaat penelitian. Oke, marilah kita bahas satu persatu.

Latar Belakang
Pada Latar belakang masalah, kemukakan secara jelas disertai data faktual yang dijumpai di kelas. Kemukakan pentingnya masalah tersebut dipecahkan. Contoh latar belakang masalah yang disertai dengan data faktual adalah sebagai berikut :
Pembelajaran Melakukan Instalasi Komponen PC di SMK Negeri 8 Semarang khususnya pada Kelas X Multimedia 1 masih banyak terdapat siswa yang hasil belajarnya rendah dan dan tidak mengalami ketuntasan dalam hasil belajar. Kondisi seperti tersebut tentunya bukan semata-mata karena daya serap siswa yang rendah, tetapi banyak faktor yang mempengaruhinya. Bisa jadi karena metode pembelajaran yang kurang relevan, model pembelajaran yang kurang menarik, media pembelajaran yang kurang mendukung, atau mungkin karena faktor kesiapan siswa dalam menerima materi pelajaran yang kurang, dan sebagainya. Namun dari beberapa faktor tersebut berdasarkan studi pendahuluan yang peneliti lakukan terdapat kecenderungan yang mengarah pada faktor model pembelajaran yang harus diperbaiki.

Perumusan Masalah
Pada perumusan masalah perlu diperhatikan :

  1. Substansi: perlu mempertimbangkan bobot dan manfaat tindakan yang dipilih untuk meningkatkan dan/atau memperbaiki pembelajaran
  2. Orisinalitas (tindakan): perlu mempertimbangkan belum pernah tidaknya tindakan dilakukan guru sebelumnya
  3. Formulasi: dirumuskan dalam kalimat tanya, tidak bermakna ganda, lugas menyatakan secara eksplisit dan spesifik apa yang dipermasalahkannya, dan tindakan yang diharapkan dapat mengatasi masalah tersebut
  4. Teknis: mempertimbangkan kemampuan peneliti untuk melaksanakan penelitian, seperti kemampuan metodologi penelitian, penguasan materi ajar, teori, strategi dan metodologi pembelajaran, kemampuan menyediakan fasilitas (dana, waktu, dan tenaga).

Contoh perumusan masalah :

  1. Apakah pembelajaran Melakukan Instalasi Komponen PC dengan penggunaan Model Belajar TGT (Team Games Tournament) dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran?
  2. Apakah pembelajaran Melakukan Instalasi Komponen PC dengan penggunaan Model Belajar TGT (Team Games Tournament) dapat meningkatkan ketrampilan proses siswa dalam proses pembelajaran?
  3. Apakah pembelajaran Melakukan Instalasi Komponen PC dengan penggunaan Model Belajar TGT (Team Games Tournament) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa?

Tujuan Penelitian

Dirumuskan secara singkat dan jelas berdasarkan permasalahan dan cara pemecahan masalah yang dikemukakan.
Contoh :
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keaktifan, ketrampilan proses dan hasil belajar siswa SMK Negeri 8 Semarang melalui pembelajaran Melakukan Instalasi Komponen PC dengan menggunakan Model Belajar TGT (Team Games Tournament).

Manfaat Penelitian
Manfaat diuraikan secara jelas dan sistematis. Kemukakan manfaat bagi siswa, guru, komponen pendidikan terkait di sekolah, dan/atau dosen.
Manfaat Teoritis
Secara teoritis hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk memperluas teori yang telah ada, dan dapat dimanfaatkan pada mata pelajaran geografi khususnya atau mata pelajaran lain yang serumpun.
Manfaat Praktis
Bagi Siswa Meningkatkan prestasi belajar siswa, karena dengan pengajaran berbasis project siswa akan aktif langsung dan berusaha untuk menyelesaikan tugas-tugas secara optimal.
Bagi Guru Mengembangkan strategi pengajaran sebagai upaya meningkatkan kualitas belajar siswa yang menjadi tanggung jawabnya.
Bagi Sekolah Memberikan input kepada sekolah untuk selalu mendukung dan menyediakan sarana prasarana guru sebagai upaya peningkatan prestasi belajar siswa.
Demikian pembahasan kita kali ini, semoga ada pencerahan dan modal semangat untuk membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jangan lupa, tunggu tulisan saya lanjutannya. Terima kasih.

0 komentar:

 
Great HTML Templates from easytemplates.com.