Sebagai ucapan terima kasih pengunjung atas artikel yang telah dibaca dari blog ini, silahkan beri dukungan dengan mengklik link dukungan pada widget di bawah. terima kasih

Selasa, 19 Oktober 2010

TIPS MENGATASI SISWA YANG SERING MEMBOLOS

Sebagai seorang pendidik, terusik hati saya ketika banyak siswa saya yang tidak masuk. Langkah pertama yang saya lakukan adalah memberikan nasehat kepada mereka untuk tidak absen dalam mengikuti pelajaran. Langkah pertama yang saya tempuh ternyata tidak berhasil karena masih banyak siswa yang tidak masuk. Ketidakberhasilan langkah pertama, saya lanjutkan dengan langkah kedua, yaitu memberikan nasehat dengan lebih keras dengan kata lain memarahi mereka. Langkah kedua ini ternyata tidak seluruhnya berhasil, hanya 50%.

Dua langkah yang telah dilakukan tidak memberikan hasil yang memuaskan. Oleh karena itu, saya mengambil tindakan yang tidak biasa. Tindakan yang saya lakukan adalah meminta mereka yang sering tidak masuk dengan membuat surat pernyataan. Surat pernyataan ini isinya janji siswa untuk tidak mengulangi perbuatan yang sering tidak masuk. Ini mungkin surat pernyataan biasa seperti yang lain, tetapi saya buat menjadi tidak biasa dengan mencantumkan tanda tangan orang tua, ketua RT dan Ketua RW di lingkungan tempat tinggal siswa lengkap dengan stempel.
Tindakan yang ketiga ini ternyata cukup ampuh, dan berhasil 100%. Ada beberapa alasan kenapa tindakan ini berhasil, antara lain :
  1. Surat pernyataan itu ternyata menjadi hukuman sosial yang cukup berat bagi mereka, baik siswa itu sendiri dan orang tuanya.
  2. Meminta tanda tangan ketua RT dan ketua RW adalah beban tersendiri bagi siswa
Demikian tips saya, mudah-mudahan bermanfaat

1 komentar:

NiEtHa hAndayaNiie mengatakan...

nita handayani/x mm 3

masukan dari bapak bagus sekali dan harus di terapkan di sekolahh

niethah@blogspot.com

 
Great HTML Templates from easytemplates.com.