Sebagai ucapan terima kasih pengunjung atas artikel yang telah dibaca dari blog ini, silahkan beri dukungan dengan mengklik link dukungan pada widget di bawah. terima kasih

Kamis, 14 Oktober 2010

EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN KIMIA SISWA SMK NEGERI 8 SEMARANG

Suatu ciri khas dalam pendidikan “modern” saat ini, hendaknya siswa dapat berpartisipasi aktif sedemikian hingga melibatkan intelektual dan emosional siswa di dalam proses belajarnya. Dengan demikian dapat diterjemahkan bahwa dalam setiap pembelajaran kimia harus diarahkan untuk pengembangan daya aktivitas siswa baik mental maupun fisik.
Sehubungan dengan hal tersebut, maka solusi yang merupakan upaya meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa adalah dengan memberikan pengalaman langsung kepada siswa terhadap materi kimia melalui praktikum.
Masalah yang timbul adalah tidak semua sekolah mempunyai gedung laboratorium dengan peralatan praktek kimia yang lengkap. Kondisi ini terutama dialami oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) selain SMK Pharmasi. Hal ini tentu tidak mendukung upaya pembelajaran kimia melalui pengalaman langsung oleh siswa terhadap konsep dan fakta kimia.
Sehubungan dengan itu, kami mencoba memberikan satu terobosan pembelajaran kimia dengan melaksanakan praktikum tanpa gedung laboratorium dan peralatan kimia yang mahal.
Permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah apakah pembelajaran kimia dengan penggunaan media interaktif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika siswa SMK Negeri 8 Semarang ? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar kimia siswa SMK Negeri 8 Semarang melalui penggunaan media interaktif.
Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, yang masing – masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan menggunakan media interaktif berbantuan komputer dengan metode pembelajaran tanya jawab dan diskusi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada akhir siklus kedua rata-rata hasil belajar 7,73, ketuntasan hasil belajar 83,87%, dan persentase aktivitas siswa dalam proses pembelajaran 85%. Hasil ini menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar >80% dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran >70%, yang berarti sudah ada peningkatan kualitas pembelajaran kimia siswa SMK Negeri 8 Semarang melalui penggunaan media interaktif.
(Laporan ini adalah hasil dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang didanai blockgrant dari LPMP Jawa Tengah tahun 2007).

2 komentar:

arie_k mengatakan...

bagus sekali sangat bermanfaat..supaya ditingkatkan

Tersenyum dengan Ikhlas mengatakan...

Bgs skli laporan PTK
Setelah membaca saya memerlukkan Copy laporan ini guna membantu data dalam penyusunan Skripsi saya,
Tolong kirim ke e-mail saya
di mail_adri@yahoo.com

terima kasih..

 
Great HTML Templates from easytemplates.com.