Sebagai ucapan terima kasih pengunjung atas artikel yang telah dibaca dari blog ini, silahkan beri dukungan dengan mengklik link dukungan pada widget di bawah. terima kasih

Rabu, 30 April 2008

UN MENINGKATKAN GAIRAH BELAJAR

Pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2008 telah berakhir. Pro dan kontra bermunculan di berbagai media. Sebuah bahasan wacana yang masih diperdebatkan. Untuk itulah saya mencoba untuk ikut memberikan wacana sebatas pengalaman saya di lapangan sebagai guru.
Menurut hemat saya pelaksanaan Ujian Nasional berdampak positif terhadap gairah belajar siswa. Hal ini terlihat perbedaan yang signifikan. Adanya Ujian Nasional menyebabkan motivasi belajar siswa bertambah besar. Bayangin saja, jika pada kelas 1 dan 2 banyak murid yang hanya belajar satu atau dua jam sehari, menjelang UN jam belajar itu durasi bertambah sekian lipat. Bahkan di hari libur mereka memaksa guru untuk memberi jam tambahan belajar. Suatu kondisi yang mustahil terjadi jika tidak ada UN.
Dari sisi orang tua, jika biasanya orang tua tidak peduli dengan jam belajar anaknya, ketika menghadapi UN orang tua ikut prihatin dengan menunggui anaknya belajar dan berdoa bahkan ada yang melaksanakan istighosah.
Sayangnya, gairah belajar itu hanya terjadi menjelang UN, yaitu pada semester akhir kelas 3, bayangin jika setiap semester siswa belajar dengan gairah seperti itu, saya pikir akan tercipta sumber daya manusia yang lebih baik.
Ini hanya wacana, pelaksanaan UN minus dengan praktek kecurangan akan menciptakan gairah bejar siswa yang tinggi.

 
Great HTML Templates from easytemplates.com.